Senin, 22 April 2013

Film anak-anak tahun 90an



Sebenarnya aku udah lama mau nulis ini, berhubung ada something dan lain hal, baru sempat sekarang ni buat nulis ginian. Ini aja udah setengah empat subuh. (keliatanbanget ya kalong-nya.. huehuee..)
Akhir-akhir ini aku lagi kesel banget sama acara kartun di tv yang udah jarang ditemuin di hari minggu, apalagi di hari laen.. Beuhh, panjang umur deh. Yang lebih keselnya lagi hari minggu pagi itu malah diisi dengan acara gosip yang ga jelas dan acara musik cuci-cuci jemur-jemur yang berprospek menjurus ke alay permanen.
Aku jadi inget masa kecilku dulu, selalu di temani, di hantui (halah) dan dibayang-bayangi film anak-anak yang membuat hidup menjadi lebih berwarna. Pokoknya anak-anak yang hidup pada masa itu bakalan indah banget masa kecilnya (ini serius broh). Okelah, berhubung mata juga udah kriyep-kriyep ga jelas, nih film anak-anak favorit tahun 90an. *JENG JENGGG...* *bekson pelem siluman indosiar*

1. Ksatria Baja Hitam
Waaahh.. film inilah yang banyak menginspirasi anak-anak pada jaman itu buat ngelompat dari atas meja sambil teriak "tendangan mauuuuutttt..." hehehe... Masih pada inget kan?? Yahh, menurut aku film ini punya kenangan tersendiri buat anak-anak pada waktu itu. Tokoh utamanya Kotaro Minami, dialah sosok ksatria baja hitam sebelum berubah. Ksatria baja hitam punya jurus andalan, pukulan matahari, tendangan maut. Dia juga mempunyai senjata pedang matahari dan motor bernama belalang tempur.


2. Dragon Ball
Film yang ditayangin hari minggu di Indosiar jam 9 pagi ini (kalo gak salah) juga selalu ditunggu, walau durasi nya hanya setengah jam. Sampai sekarang juga masih ada dan di selalu diulang-ulang di TV.

3. Ninja Hatori.
Siapa sih yang gak ingat film ini? Pasti banyak yang masih hafal soundtrack-nya. "mendaki gunung melewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera..."

4. Mighty Morphin Power Rangers
Masih ingat gak kalian dengan film yang ini?? Ini juga sangat digemari anak-anak pada waktu itu. Superhero penumpas kejahatan yang selalu dibantu Alpha dan Gordon.


5.  Chibi Maruko Chan
Film ini bercerita tentang Maruko,anak kelas 3 SD yang ceroboh dan suka mengkhayal yang tidak-tidak. Ia mempunyai 6 anggota keluarga, termasuk dirinya. Ia juga mempunyai sahabat yang bernama Tamae.

6. Doraemon
Naaahhhh, kalo film yang satu ini pasti udah tau semua lah, sampai sekarang film ini tetap tayang di hari minggu, di stasiun TV dan jam yang sama. Di RCTI jam 8 pagi. Ini dia film kartun terpopuler dari masa ke masa, dan menurut aku film ini legend banget broh. Thanks banget deh buat om Fujiko F. Fujio  yang udah nyiptain Doraemon.. Ah, andai saja doraemon itu benar-benar ada, pasti aku udah pinjem mesin waktunya supaya bisa kembali lagi ke jaman SD dulu. :')

7. Digimon
Film Digimon ini bercerita tentang petualangan tujuh orang anak di dunia digital. Mereka bertemu dengan para digimon yang kemudian diberi nama Digital Monster yang juga menjadi teman mereka berpetualang.
Film ini dulu ditayangin di Indosiar tiap hari minggu. Kalo jam tayangnya aku udah lupa..

8. P-Man
P-Man menceritakan tentang anak kelas 4 SD bernama Mitsuo yang dapat berubah menjadi P-Man jika menggunakan jubah dan topengnya . Namun Mitsuo tetap seorang anak yang mempunyai kewajiban untuk sekolah. Jika dia harus menjadi P-Man, Bird-Man memberi dia sebuah robot yang dapat menggantikan tugasnya sebagai Mitsuo. P-Man juga dibantu oleh P-Girl, Booby dan Fat-Man

9.  Jiban
Film yang ditayangkan di Indosiar ini juga banyak ditunggu loh. Film nya bercerita tentang seorang inspektur polisi yang memiliki peralatan yang canggih sehingga dapat berubah menjadi robot. Punya mobil, motor dan pesawat tempur siluman. Biasanya sebelum menangkap penjahat, Jiban mengeluarkan lencana sambil membacakan hukuman buat musuhnya. "Pasal 1..!!" Nah, inget gak?


10. Remi 
Kalau film yang satu ini film kartun tersedih yang pernah aku tonton. Aku aja ampe nangis, hehee.. Tapi serius film ini memang sedih pake banget. 
Cerita film bermulai adalah ketika ayahnya remi yang bernama Jaroemi Barberin yang tinggal bersama istrinya di sebuah kota Prancis yang kecil, Chavanon. Ayah remi adalah orang yang sangat sibuk berkerja, jadi yang tinggal dirumah hanya remi dan ibunya.
Singkat cerita, ayahnya mengalami kecelakaan dan berujung untuk menjual sapi-sapi peliharaannya, dimana itu lah sumber kekayaan bagi keluarga remi. Dan ketika itu pula remi yang berumur 8 tahun diusir oleh ayahnya dari rumah. Remi pun dikenalkan dengan seorang seniman di pub lokal yang bernama Signor Vitalis yang akhirnya menjadi teman remi dalam melanjutkan perjalanan keliling Paris bersama tiga anjingnya.




Nih, coba tonton video openingnya.. Dan kalian akan ingat semuanya dalam sekejap. :)



11. Dr. Slump
Wajah besar... wajah besar... Tidaaaaakkk... (nguehehe). Kata-kata itulah yang terbersit di fikiranku ketika mengingat film ini. Film Dr. Slump ditayangkan setiap minggu pagi di SCTV.
Menceritakan tentang seorang penemu yang biasa dipanggil "Dr. Slump", yang telah menciptakan sebuah robot perempuan yang ia beri nama Arale Norimaki.
Film ini cukup lucu, menghibur, 
dan membawa kembali kenangan kamu pada masa itu. :)

12. Patlabor 
Bercerita tentang kepolisian Jepang di tahun 1998-2002.
Dengan si karakter bernama Noa Izumi sebagai pengendali Patlabor untuk memberantas kejahatan di Tokyo. Film ini kalo gak salah ditayangkan di Indosiar.



13. Bakabon 
Film Bakabon berkisah tentang anggota keluarga yang aneh, contohn ya adik Bakabon yang bernama Hajime sudah bisa bicara dalam waktu 3 hari, dan papa Bakabon yang selau iseng dengan orang di sekitarnya.

14. Pasukan Turbo

Turboranger yang beranggotakan lima orang ini terdiri dari 4 pria dan 1 wanita. Film ini masih aku ingat sampai sekarang jam tayangnya yaitu 17.00 WIB di RCTI. Hahahahaha...


15. Winspector
Serial Winspector adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei Japan. Film seri ini juga ditayangkan di Indosiar.


16. Sailor Moon
Kalo film yang ini cewe 90an pasti suka nih. Film yang sempat ditayangkan di Indosiar ini bercerita tentang 5 gadis dengan kekuatan super untuk melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan Kristal Perak.



17. Ultraman
Film ultraman ini juga ditayangin di Indosiar, sore-sore gitu kalo gak salah. Banyak sekali jenis film dari ultraman, seperti Ultraman Gaia, Ultraman Tiga, Ultraman Dyna dan lain-lain.


18. Gaban
Ini juga, aduuuuhhh.. film jaman baheulah nih.. Aku waktu itu cuman sempat nonton beberapa kali karena aku masih kecil banget, cerita filmnya juga udah lupa. mihihihi...
Sampe sekarang biasa kita dengar orang pake istilah "udah segede gaban gitu masih gak liat?"

19. Silverhawks
Pahlawan Polisi Galaxy yg berkostum metal ini antara lain bernama Quicksilver, si kembar Steelheart & Steelwill, dan yang paling kecil Copper Kid. Musuhnya bernama Mon*Star. Silverhawk tinggal di kapal induk yang bernama Hawk Haven.
Film ini dulu ditayangkan di TVRI.



20. Saint Seiya
Fillm ini bercerita tentang lima pendekar yang diberi julukan "Saint". Mereka memiliki kekuatan yang berasal dari rasi bintang masing-masing pemiliknya. Setiap Saint memiliki kekuatan khusus. Mereka bertugas untuk melindungi Saori Kido, reinkarnasi dari Dewi Athena. 
Film ini pernah ditayangkan di TVRI, RCTI dan Indosiar. 


21. Dash Yankuro
Film ini bercerita tentang mobil Tamiya, lima anak yang bersaing dalam kejuaraan resmi dengan 4WD Mini. 



22.  Astro Boy 
Film ini menceritakan tentang sebuah robot bernama Astro Boy yang hidup berdampingan dengan manusia. Doctor Tenma, kepala bidang pengetahuan membuat robot berbentuk manusia kecil bernama Astro yang memiliki sifat rendah hati dan suka menolong walau banyak yang membencinya karena keberadaan robot.
Doctor Tenma sengaja membuat Astro Boy mirip dengan anaknya yang bernama Tobio yang telah meninggal karena kecelakaan mobil.


23. Mojacko
Bercerita tentang Mojacko yang punya kekuatan teleportasi, bisa kemana saja dengan sekali kedip. Film ini dulu ditayangkan di TPI setiap jam 6 sore. 

24. Robo Kabutaku
Masih ingat gak sama film yang ini? Robot ini suka makan semangka... "kabutaku... robot yang paling hebat.. tak terkalahkan dan selalu menang... ayo kita kumpulkan gambar-gambar ini."  Hehe..

25. Tattood Teenage Alien Fighters
Film ini dulu disiarkan di TPI setiap habis maghrib. Itu aja yang aku tau, selebihnya lupa... bhahahaha...


 26. Jiraya
Ninja yang satu ini elit banget, kemana-mana pakai mobil. Film ini dulu ditayangkan tiap sore di RCTI.

27.  Bicroser
Film inilah yang telah membuat aku dan abangku saling ejek dan menangin masing-masing jagoannya. Dan ternyata pas banget! Aku suka warna biru, dan abangku suka merah. Mungkin mereka adalah jelmaan kami di masa depan. Film ini bercerita tentang pahlawan adik-kakak yang berubahnya harus masuk lemari dulu. Kedua pahlawan itu bernama Ken (kakak) dan Gin (adik). Senjata andalannya adalah kalo yang satunya terbang sambil naik motornya, nah yang satunya nahan pake pundak. (pegel kaleeeee....)
Terus motornya bisa nembak kayak Bazooka. Film ini dulu tayang di RCTI jam 5 sore.


28. Thunder Cats
”Thunder… Thunder… Thundercats.. Hoooooo…”
Ini film jaman aku SD, dulu aku juga seneng sama film ini. Film ini kalo gak salah ditayangin di TVRI.

29. Kobo-Chan
Kobo-Chan bercerita tentang seorang anak berusia 5 tahun yang bernama Kobo Tabata. Kobo tinggal di rumah yang sederhana di Tokyo, Jepang, bersama kedua orang tua, kakek- neneknya serta seorang paman. Kobo adalah anak yang sangat takut ke dokter gigi dan ke dokter THT.

30. Inuyasha
Film inuyasha bercerita tentang seorang gadis jepang bernama Kagome.Ia tinggal di sebuah kuil tua, dan di halaman kuil terdapat sebuah sumur tua yang katanya menyimpan legenda. Kagome menganggap legenda itu hanya takhayul. Tapi ternyata ada monster yang keluar dari sumur kuno itu dan menyeret Kagome ke jaman Jepang kuno.  Film ini dulu ditayangkan di Indosiar setiap hari minggu.


Nah, kira-kira segitu aja kali ye.. Kalo ada film 90an favorit kamu yang belom dibahas, share aja kesini.. itung-itung nostalgia bareng gitu. Muehehehe... :p

15 komentar:

  1. mantap[ postingnya gan . . . . jadi teringat masa kecil dulu . .. heheheh
    mampir jga ke blog ane ya 'onebenx.blogspot.com ... keep blogging :)

    BalasHapus
  2. Mantap, udah lama saya cari judul film pahlawan yang senjata dengan angkatin motor.

    BalasHapus
  3. koawkoawakowawko msh inget aj bang :v greget

    BalasHapus
  4. Wahhh manteppp...jd inget masa masa kecil

    BalasHapus
  5. Woy! Ini artikel dari blog gue ( http://kampretbiru.blogspot.com ).
    Artikel ini hak cipta gue. Lu udah copas plek, gak cantumin sumber, gak ada izin pula... Lu mau gue laporin dan dikenakan pelanggaran hak cipta???!!!!!

    BalasHapus
  6. Woy! Ini artikel dari blog gue ( http://kampretbiru.blogspot.com ).
    Artikel ini hak cipta gue. Lu udah copas plek, gak cantumin sumber, gak ada izin pula... Lu mau gue laporin dan dikenakan pelanggaran hak cipta???!!!!!

    BalasHapus
  7. Kalo pengen blognya banyak dikunjungi orang, yang kreatif dong! Pake tuh otak buat mikir!!! jangan mesum doang lu pikirin!
    Jangan salahin gue nanti kalo artikel ini nggak lu hapus dari blog ini.

    BalasHapus
  8. Yach... Gaq ada cush gear ya!!! Pdhal itu film terhuebbbaaat zaman dulu... CRUSH GEAR LOVER.. T_T

    BalasHapus
  9. ada yang kurang, jamperson sama detektif conan.

    BalasHapus
  10. ada yang kurang, jamperson sama detektif conan.

    BalasHapus
  11. Mantapppp kangen gue masa2 jaman sd klo tiap pagii udah ngejogrokin tv bukannya mandi kalo tiap hari minggu

    BalasHapus
  12. wooowww... amazing..
    sumpah spontanitas langsung berasa ada dijaman dulu gw tongkrongin tipi tanpa remote..

    mantabh..

    boleh dikolek lagi yg lainnya nii breeyy,,

    the flash, transformers, tarzan x, knight rider, sinichikudo (detektif conan), dll..

    sekali lagi terima kasih udah bantu gw flashback ke jaman dulu..

    jadi kangen sama temen2 kecil dulu yg udah ga tau dimana kabarnya sekarang...
    hhuhuhuuu

    pengen balik ke masa itu.....

    BalasHapus
  13. bt-x (robot kuda) sama samurai x, seru banget tuh

    BalasHapus
  14. ksatria ronin, sulato yg mirip sain sayya itu lhoo. terus ada satu lagi saya lupa judulnya yang melawan monster yang masuk ke jaringan komputer, kayanya (gumamu) atau apa gituh?!

    BalasHapus