Jumat, 19 Oktober 2012

PENGEMBANGAN MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SMK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.


PENGEMBANGAN MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN
DI SMK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.


ABSTRAK

SRI SUMARDININGSIH, ENDANG MULYANI, SUPARDI

Penelitian dengan judul “Pengembangan Model Pengintegrasian Pendidikan Karakter dan Pendidikan Kewirausahaan dalam Pembelajaran Di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta ini dilakukan dengan tujuan: (1) menemukan model pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran di SMK, (2) membentuk karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan,     (3) menum­buh­­kan sikap dan perilaku wirausaha siswa SMK.
Untuk mencapai tujuan tersebut rencana kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi beberapa  tahap yaitu:1) menganalisis karakteristik siswa yang berkaitan dengan karakter, sikap, minat dan perilaku wirausaha siswa SMK, 2) merancang draf model pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan ke dalam pembelajaran, 3) mengembangakan perangkat pembelajaran yang terintegrasi pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan, 4) rivieu Pakar dan revisi, 5) uji  coba lapangan, 6) penyusunan laporan penelitian. Pengembangan model pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan ke dalam pembelajaran dalam penelitian ini  menggunakan Four-D model (Thiaragajan et.al, 1994). Model pengem­bangan dari Four-D Model terdiri atas empat tahap, yaitu tahap define, design, develop dan disseminate, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap yang ke tiga. Penelitian ini dilakukan di SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu SMK N 1 Pengasih Kulon Progo, SMK N 1 Depok Sleman dan SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Dalam penelitian ini, pendidikan karakter dan  pendidikan kewira­usa­haan diintegrasikan dalam pembelajaran ekonomi dan ke­wira­­­usahaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) karakter, sikap, minat dan perilaku wirausaha siswa sebelum dilakukan intervensi dalam kategori cukup baik pada kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen, 2) Model pegintegrasian pendidikan karakter dan kewirausahaan dalam pembelajaran diwujudkan dalam perangkat penginte­grasian berupa silabus dan RPP yang didalamnya terintegrasi nilai-nilai karakter dan nilai-nilai kewirausahaan, 3) panduan pelaksanaan dan petunjuk teknis sudah ter­susun tapi belum sempat diujicobakan pada pelaku (guru lain), 4) setelah implementasi pengintegrasian pendidikan karakter dan pendidikan kewirausahaan ke dalam pembelajaran mampu meningkatkan sikap dan minat terhadap wirausaha. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t (t-test) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan (dengan harga t: 5,35 untuk sikap dan 2, 549 untuk minat wirausaha, masing-masing dengan sig 0,000 dan 0,012). Sedang untuk perilaku wirausaha dan karakter ada peningkatan juga tetapi tidak signifikan, 5) faktor penghambat yang ditemui pada saat implementasi model adalah alokasi waktu yang terbatas, sedangkan faktor pendukung selama implemetasi model antara lain sikap kooperatif pihak sekolah, antusiasme siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang dikembangkan, dan media pembelajaran yang memadai.

Kata kunci: Karakter, Sikap dan Perilaku wirausaha, Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar